How To

Bagaimana membuat ikan merasa nyaman di aquarium

Aquarium adalah salah satu alternative bagi para pencinta ikan menyalurkan hobinya… tapi apakah ikan yang dipelihara merasa nyaman dan senang di dalamnya…pasti sebagian bilang tidak !

       Nah disini saya kan memberikan sedikit info untuk menata quarium yang indah tapi juga nyaman bagi si ikan..
Bahan dan alat
1. Aquarium
2. Pasir
3. Hiasan aquarium (sesuai selera)
4. Ikan hias
5. Filter
6. Pompa oksigen
7. Alcohol
8. Ember/baskom
9. Plastic bening ukuran 1 kg

        Cara membuat :
1.  Siapkan aquarium ukuran apa saja tapi lebih baik tidak terlalu kecil , paling                             tidak sesuai dengan jumlah ikannya. Sehingga ikan tidak sampai berebut                                 tempat berenang.
2.   Bila kotor bersikan terlebih dahulu usahakan gunakkan alcohol untuk                                       merendam aquarium beberapa saat ,hal itu untuk mencegah bakteri yang                               tumbuh dalam aquarium jadi aquarium steril setelah itu bilas hingga bau                                 alcohol benar-benar hilang ,sebaikknya semua benda yang akan masuk                                   kedalam aquarium dicuci dan diremdam dalam embner antau baskom terlebih                       dahulu dengan alcohol.
3.  Setelah itu masukan pasir yang sudah disterilkan tadi kedalam aquarium                                (tidak perlu banyak asalkan sudah menutupi dasar aquarium saja sudah                                  cukup)
4.  Tata dan atur pula hiasan kedalam aquarium jangan terlalu berlebihan hal itu                         dapat membuat ikan tak nyaman karena sempit.
5.  Pasang juga filter dan pompa udara agar si ikan tidak kekurangan oksigen
6. Sesudah semua tertata dengan baik mulailah kita mengisi aquarium dengan air                      bersih,agar hiasan dan pasir yang sudah kita tata tadi tidak rusak dan                                      berantakan karena siraman air alasi bagian atas pasir dan hiasan denhan                                plastik yang sudah dibelah menjadi dua (agar lebih lebar). Isilah air                                          secukupnya jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah kira kira sedang                            saja.
7. Tes filter dan pompa udara sudah bekerja dengan benar atau belum bila sudah                        berfungsi dengan benar barulah kita memasukkan ikan hias kedalam                                        aquarium, ingat jangan terlalu penuh dengan ikan karena ikan akan mudah                            stress dan mati bila tidak ada ruang untuk bergerak dan juga ikan akan                                    berebut oksigen karena jumlah ikan dan oksigen yang dihasilkan tidak                                      sebanding.
8. Selesailah aquarium kamu sendiri indah dan nyaman untuk ikan peliharaan                            kamu.

      Tips – tips :
1. Jangan campukan ikan kanibal dengan ikan pemakan pellet karena berakibat fatal.
2. Usahakan pelihara ikan sapu- sapu 1 aqurium cukup 1-2 ikan sapu-sapu.
3. Bersihkan aquarium 2 minggu sekali atau bila sudah terlihat kotor lebih baik itu akan            mebuat ikan-ikan selalu sehat.
4. Tiap membersihkan usahakan selalu bilas dan rendam menggunanakan alcohol baru             digunakan kembali
5. Pilih makanan ikan yang berkualitas jangan asal murah saja.
6. Jangan terlau berlebih dalam member makan karena sisa makan yang tidak                            termakan akan membusuk dan menimbulkkan bakteri dan jamur sehingga                            aquarium jadi tidak sehat, bahakan ikan bisa terkena penyakit.
7. Bila muncul gejala-gejala ikan tidak sehat seperti ikan lemas tidak                                             bersemngat,muncul bercak-bercak aneh di tubuh ikan dll, segera beli obatnya di                   toko ikan, agar penyakit tak semakin parah dan menulari ikan-ikan yang sehat.

^^ Selamat mencoba ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s